saling Memahami kunci kenyamanan
Sabtu, 28 September 2013find us on:headline:

saling Memahami kunci kenyamanan


 

Interaksi serta pergaulan sesama taman sekantor sengat dibutuhkan guna menciptakan suasana dan kondisi kerja yang nyaman. Etika bisnis sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang harmoni. Terutama kemampuan dalam bertatakarama terhadap orang lain akan memberikan nilai lebih tinggi daripada kemampuan-kemampuan lain. Sikap baik menurut aturan tata krama bukan berarti bersikap sebagai seorang yang tahu segalanya atau mengoreksi kesalahan orang lain. Namun suatu usaha untuk menghormati pihak lain dan
memperlakukan mereka dengan sopan dan baik.

karena itu masih banyak etika yang harus dilakukan di tempat kerja, di antaranya adalah:

- Menghormati budaya yang biasa diberlakukan di perusahaan dimana anda bekerja. Misalnya tidak memakai pakaian serta dandanan yang serba mencolok (terutama sering terjadi di kalangan perempuan, baik pakaian, model rambut atau yang lainnya). Karena Hal ini akan menimbulkan kecemburuan sosial dari rekan-rekan sejawat yang jadi bagian dari mereka.



- Selalu menghormati dan menghargai orang yang lebih senior. Kemampuan, kepandaian maupun kedudukan seseorang bukan merupakan ukuran, tapi tatakrama terhadap yang lebih tua diutamakan. Dan yang lebih penting, bersikap terhadap senior atau yang lebih muda dengan sebagaimana mestinya tenpa bersikap berlebihan. Banyak perusahaan punya tingkat hirarki sendiri, pelajari dan sesuaikan sikap anda pada tiap tingkatan.

- Menghormati atau menghargai hak-hak orang lain, misalnya menghormati privacy teman lainnya. Meskipun sering akrab dan selalu berkumpul tapi anda harus tahu dan mengerti secara pasti batas-batas pribadi mereka.

 


- Selama masih dalam koridor syariah, maka hormati cara pandang dan pola pikir teman dengan menyelesaikan argumen secara luwes. Kenali perbedaan paham dan gaya hidup masing-masing rekan.

- Berusaha selalu menyelesaikan tanggung jawab sendiri tanpa harus melibatkan rekan yang mungkin juga memiliki tanggung jawab yang sama atau bahkan lebih berat daripada anda.

- Saling menjaga fasillitas perusahaan dan tidak semena-mena menggunkan fasilitas demi kepentingan pribadi atau golongan. karena bagaimanapun fasilitas tersebut juga untuk menunjang kinerja Anda bersama teman-teman. Biasanya yang sering terjadi menggunakan mobil atau kendaraan perusahaan untuk kepentingan pribadi.

Jika beberapa tips ini dilakukan, maka suasana kantor akan selalu terlihat nyaman dan mendukung kinerja dalam memenjukan perusahaan dimana Anda bekraja.*