Sabtu, 19 April 2014find us on:headline:

Bisnis Sampingan Di Luar Jam Kerja



    Menggantungkan hasil dari gaji kantor ? Perkara cukup atau tidak cukup tergantung bagaimana cara menyikapinya. Tapi untuk mencari tambahan tanpa harus mengorbankan waktu dan amanat yang diberikan perusahaan masih terbuka lebar bagi mereka yang mau membuka usaha.

    Jika ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa meninggalkan status sebagai karyawan kantoran. Pertama, harus pandai membagi waktu antara bekerja dan membangun bisnis meskipun punya waktu sedikit karena ikatan kerja. Yang terpenting, jangan sesekali membawa atau mengerjakan bisnis anda di kantor. Memang godaan fasilitas di kantor bisa saja membuat seseorang terarik untuk mengerjakan bisnisnya di waktu luang di kantor, tapi privasi di kantor yang tidak bisa dijamin bisa jadi mengkhianati statusnya sebagai karyawan. Lalu, bagaimana caranya untuk melaksanakan semua ini ?



    Buatlah jadwal meski sesempit apapun waktu Anda di luar jam kerja. Gunakan waktu tersebut untuk mengerjakan bisnis secara penuh atau full time. Cobalah membuat target yang realistik, artinya cobalah untuk menetapkan tanggal yang nyaman bagi diri sendiri dan yakin bahwa di waktu yang ditetapkan bisa menengani bisnis dengan baik.

    Jangan lupa periksa pengeluaran secara berkala, seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk membangun bisnis tersebut serta biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan pribadi. Mereka yang sedang merintis karier harus mampu mengurangi pengeluaran. Pasalnya jika nanti ia memutuskan untuk keluar dari pekerjaan sementara bisnisnya belum mapan maka masalah pengeluaran akan menjadi masalah besar.

    Bila mana obyek sampingan ini lebih banyak dilakukan di rumah dan tanpa rekan kerja atau asisten, bersiaplah untuk bekerja seorang diri. Siapkan juga jaringan kerja atau jaringan pertemanan agar nantinya berguna saat bisnis sudah berjalan sepenuhnya.

 



    Pilih Orang Kepercayaan Di Lapangan

   Jika seseorang memilih untuk membagi pekerjaannya antara karyawan sekaligus pengsusaha maka ia harus mampu mengatakan pada kliennya bahwa ia punya waktu yang terbatas untuk menangani bisnis. Selanjutnya tetaplah memprioritaskan pekerjaan daripada nantinya terkena teguran atasannya karena tidak mampu bekerja dengan baik.

    Langkah lain agar bisnis sampingan tetap berjalan semantara tugas kantor tidak terganggu, percayakan tugas2 fital pada orang-orang tertentu, misalnya bisa dari istri, adik atau famili yang sekiranya dapat dipercaya. Anda hanya memantau kalau-kalau ada permasalahan yang sekiranya tidak bisa diputuskan oleh orang kepercayaan anda.

    Lakukan pengecekan setiap hari di luar jam kerja kantoran. Bisa saat sebelum masuk (Pagi hari) atau setelah pulang kerja (sore hari). Susun dan kumpulkan masukkan segala permasalahannnya yang sedang dihadapi orang kepercayaan anda di lapangan, pecahkan malam itu juga. Bilamana satu persatu masalah bisa terselesaikan, maka bisnis sampingan anda akan berjalan lancar tanpa mengganggu waktu kerja sebagai karyawan kantor sesuai akad dan peraturan.*