5 keuntungan kesehatan Wanita dari pada Pria
Kamis, 26 September 2013find us on:headline:

5 keuntungan kesehatan Wanita dari pada Pria


 

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, wanita juga memiliki resiko yang lebih rendah dibanding laki-laki untuk mengenmabgkan kondisi medis.

kira-kira wanita memiliki resiko lebih rendah dalam kondisi medis apa saja?

Berikut 5 kondisi medis yang wanita memiliki resiko lebih rendah , antara lain:

 

1.Penyakit Parkinson 

   Berdasarkan hasil analisis dari tujuh studi yang telah dilakukan oleh para peneliti dari University of Virginia School of Medicine melaporkan bahwa, pria 1,5 kali lebih mungkin untuk mengidap penyakit Parkinson dibandingkan dengan wanita. Salah satu alasan untuk perbedaan tersebut, mungkin bahwa estrogen melindungi wanita dari gangguan neurodegenetif. Namun, efeknya belum dipahami dengan baik.

 

2.Kanker hati

   Wanita cenderung memiliki resiko yang lebih rendah untuk mengidap karsinoma hepatoseluler di bandingkan  dengan pria. Karsinoma hepatoseluler merupakan jenis yang paling umum dari kanker hati. Tingkat kejadian untuk pria adalah sekitar 3 kali lebih tinggi dibanding dengan wanita. Hal tersebut menurut hasillaporan 2010 oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Para peneliti di university of Bologna, Itali mencapai kesimppulan yang sama pada tahun 2001 setelah mempelajari 417 pasien Itali, 313 dari pasien tersebut adalah dengan sirosis hati.

 

  Sirosis hati merupakan faktor risiko karsinoma hepatoseluler dan sisanya dengan karsinoma hepatoseluler. hasil studi tersebut telah muncul dalam jurnal GUT.

 

3.Melanoma (Kanker Kulit)

   Menurut National Cancer Institute, dari 68.000 orang yang didiagnosa dengan melanoma pada tahun 2010, hampir 39.000 atau 57 persen adalah pria. Satu alasan untuk tingkat insiden yang lebih rendah pada wanita bisa jadi karena wanita cenderung mangambil langkah perawatan preventif untuk melindungi kulit.

 

4.Barrett esophagus

   Wanita tampaknya memliki risiko yang lebih rendah untk menderita Barrett esophagus merupakan sebuah kondisi dimana lapisan esophagus rusak oleh asam lambung. menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam The Amarican Journal of Gastroenterology, kondisi tersebut 2 kali lipat terjadi lebih banyak pada pria dibandingkan dengan wanita,

   Para peneliti di University of texas Medical Branch juga menemukan bahwa Barrett esophagus lebih umum di antara pria. Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam Digestive Dseases and Sciences.

 

5.kanker Kepala dan leher

   Pria 3 kali lebih mungkin untuk mengidap kanker skuamosa kepala dan leher dibanding dengan wanita. Hal tersebut menurut hasil sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal Cancer Journal CA. Kanker skuamosa timbul dari sel datar ditemukan di permukaan kulit dan lapisan organ tubuh.